5 Tips Hemat dan Bijak Menggunakan E-Money

Sebagian masyarakat lebih menyukai transaksi secara online. Untuk itu, tidak heran jika saat ini e-Money lebih sering digunakan. Tidak hanya praktis, perangkat pembayaran online ini juga cenderung lebih aman karena Anda tidak perlu membawa uang tunai saat melakukan pembayaran. Saking praktisnya, tidak sedikit yang kalap belanja online, sampai akhirnya saldo menipis. Agar tidak menyesal, sebaiknya ikuti tips hemat dan bijak menggunakan e-money berikut ini.

1. Memilih Jenis e-Money

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih e-money sesuai dengan kebutuhan. Ini sangat penting agar uang elektronik Anda bisa digunakan secara maksimal. Misalnya, jika Anda membutuhkan e-money untuk pembayaran tol, gunakan e-toll, dan begitu seterusnya.

2. Menggunakan e-Money dari Lembaga Terpercaya

Tips hemat dan bijak menggunakan e-Money lainnya adalah menggunakan e-Money yang sudah berada di bawah pengawasan OJK. Ini sangat penting agar Anda  tidak dirugikan akibat transaksi yang bermasalah. Misalnya, saldo yang tiba-tiba menghilang, transaksi yang selalu gagal tapi saldo berkurang, dan penyadapan.

3. Menggunakan Kartu Debit untuk Transaksi yang Lebih Besar

Umumnya, e-Money memiliki limit saldo, sehingga alat pembayaran digital yang satu ini sering digunakan untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Namun, jika Anda sering melakukan transaksi dalam jumlah besar, sebaiknya gunakan kartu debit saja. Kartu yang satu ini biasanya memiliki limit saldo yang besar.

4. Memperhatikan Biaya Tambahan

Sebelum Anda menggunakan e-Money, sebaiknya periksa dulu apakah ada biaya tambahan atau tidak. Saat melakukan transaksi atau transfer bank, ada beberapa e-Money yang memberikan biaya administrasi, dan ada juga yang gratis. Jadi, pilih saja yang tidak ada biaya administrasi.

5. Merawat Kartu e-Money

Kartu e-Money yang rusak biasanya akan melenyapkan saldo Anda. Oleh karena itu, simpan kartu e-Money Anda ditempat yang aman agar saldo Anda tidak hangus. Selain itu, pastikan kartu e-Money Anda tidak hilang, ya!

Itulah lima tips hemat dan bijak menggunakan e-Money. Jadi, gunakan e-Money sesuai dengan kebutuhan Anda, sehingga manfaat yang dirasakan pun lebih maksimal. Semoga bermanfaat.


Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terkini

Label